MENINGKATKAN KETERTARIKAN MAHASISWA DI DUNIA BISNIS DENGAN KEGIATAN ENPRESSION 2024
ENPRESSION (Entrepreneur Session) termasuk salah satu program kerja tahunan dari BEMF Farmasi Universitas Jember Biro Bisnis. ENPRESSION merupakan kegiatan kewirausahaan yang terdiri dari tiga (3) rangkaian acara yaitu seminar Business Talk, Business Plan Competition, dan Bazar. Setiap kegiatannya dikhususkan bagi Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Jember yang ditujukan untuk meningkatkan minat, bakat, serta pengetahuan mahasiswa di bidang kewirausahaan. ENPRESSION 2024 megusung tema “Different Strategies, Different Goals, Equally Shining as an Entrepreneur”.
Kegiatan ENPRESSION 2024 yang pertama adalah webinar Business Talk berskala nasional dengan judul “Digital Whispers : Evolving Brand in the Social Media Maze” yang dilaksanakan pada hari Minggu, 15 September 2024. Kegiatan ini dilaksanakan secara online melalui Zoom Meeting dan diikuti oleh Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Jember khususnya yang sedang menempuh Mata Kuliah Manajemen Kewirausahaan dan Umum. Materi yang disampaikan mengenai “Strategi Branding Produk Melalui Sosial Media Sebagai Upaya Menarik Minat Konsumen dan Meningkatkan Penjualan” yang dibawakan langsung oleh M. Aqil Drajat Ramadhan selaku Founder of Garland Fragrance. Sebagai seseorang yang berkecimpung langsung dalam dunia bisnis, Aqil Drajat dengan luwes menjelaskan pentingnya branding produk serta bagaimana elemen-elemen kunci dalam identitas brand, seperti logo, warna, dan suara brand sangat mempengaruhi persepsi, emosi, dan keterhubungan konsumen agar brand tersebut mudah dikenali dan dipercaya oleh konsumen. Aqil Drajat juga memaparkan peranan platform media sosial dalam membantu meningkatkan penjualan dan perkembangan bisnis. Rangkaian acara selanjutnya adalah sesi tanya jawab yang juga mendapat antusiasme besar dari para peserta. Selain sesi penyampaian materi, acara juga dimeriahkan dengan games seru yang berhasil membuat peserta aktif berpartisipasi dengan penuh semangat. Di akhir acara, peserta teraktif juga diberikan penghargaan berupa hadiah saldo e-wallet sebagai apresiasi atas partisipasinya.
Rangkaian kedua agenda ENPRESSION 2024 adalah Business Plan Competition (BPC) dengan judul “Los Madrigal: Cultivating Ambition and Sparking Innovation for Extraordinary Business Success” yang diikuti oleh Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Jember Angkatan 2022, 2023, dan 2024. Business Plan Competition terdiri dari dua tahap, yaitu babak penyisihan dan babak final. Babak penyisihan dimulai dari pendaftaran dan pengumpulan karya berupa proposal ide bisnis pada 14 September – 13 Oktober 2024. Selanjutnya pengumuman finalis diumumkan pada 20 Oktober 2024 dan dilanjutkan dengan pengumpulan bahan presentasi finalis (PowerPoint) pada 20 – 25 Oktober 2024. Babak final berupa presentasi proposal ide bisnis diadakan secara offline pada 27 Oktober 2024 di Aula 1 Fakultas Farmasi Universitas Jember. Pengumuman kejuaraan dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan Festival GALENICA 2024 yakni pada hari Jumat, 8 November 2024 secara luring di Fakultas Farmasi Universitas Jember dan telah diperoleh 3 juara yang juga diumumkan pada instagram @enpression.ffunej (instagram.com/enpression.ffunej).
Rangkaian terakhir dari kegiatan ENPRESSION 2024 yaitu Bazar. Kegiatan bazar merupakan kegiatan kolaborasi, yang berfokus pada pemberdayaan dan promosi usaha-usaha milik mahasiswa/i Fakultas Farmasi Universitas Jember. Acara ini dilaksanakan bersamaan dengan acara Festival GALENICA 2024, yakni pada hari Jumat, 8 November 2024 secara luring di Fakulas Farmasi Universitas Jember. Dalam kegiatan ini kami menyediakan fasilitas berupa sarana-prasarana gratis, dengan membuka tiga tenda bazar khusus bagi seluruh Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Jember yang memiliki usaha untuk memperkenalkan serta menjual produk dan jasa mereka. Tujuan diadakannya bazar guna mendukung pengembangan dan promosi bisnis mereka secara maksimal, serta meningkatkan kesadaran dan dukungan komunitas terhadap bisnis lokal yang dikelola oleh mahasiswa.