JAULAH 2021
Jaulah merupakan salah satu kegiatan berkunjung dan silaturahmi yang dilakukan UKKI Asy-Syifa Fakultas Farmasi Universitas Jember ke UKKI di seluruh Universitas Jember. Tujuan dari jaulah adalah untuk sharing-sharing mengenai program kerja yang ada serta mempererat silaturahmi UKKI Asy-Syifa dengan UKKI yang lainnya. Kegiatan jaulah tahun ini dilaksanakan dengan UKMKI IONS Fakultas MIPA Universitas Jember. Kegiatan Jaulah ini diikuti oleh Ketua Umum, Sekretaris, Bendahara, kepala masing-masing divisi dan beberapa anggota UKKI Asy-Syifa.
Kegiatan Jaulah dilaksanakan pada hari Sabtu, 31 Juli 2021 sejak pukul 19.00-21.05 WIB. Kegiatan diawali dengan registrasi pukul 19.00-19.10 dan pembukaan kemudian tilawah. Setelah itu, sambutan oleh Ketua Umum Asy-Syifa dan Ketua Umum IONS. Kemudian, pemaparan program kerja UKKI Asy-Syifa dan UKMKI IONS, dilanjut dengan sharing-sharing antar anggota setelah itu games dan terakhir penutup. Pemaparan materi pertama mengenai program kerja UKKI Asy-Syifa dilakukan oleh Shinta Tsania Azzahra sebagai ketua umum UKKI Asy-Syifa. Menjelaskan mengenai program kerja masing-masing divisi, diantaranya :
- Badan Pengurus Harian (BPH)
- Ketua umum : meliputi musyawarah kerja, evaluasi tengah tahun, musyawarah besar dengan menjalankan kepemimpinan perorangan dan menjalankan kepemimpinan perorangan dan fungsi koordinasi, motivasi, dan kontroling, bertanggung jawab secara umum terhadap kelancaran jalannya organisasi, melakukan komunikasi dakwah, bertanggung jawab kepada seluruh anggota.
- Sekretaris : meliputi arsip dokumen dan surat, koreksi tor/lak, buku keaktifan, arsip isi tausiah.
- Bendahara : mengelola kas dan koreksi rab tor dan lak
- Kaderisasi
Meliputi diklat dan party, samba (sambut maba), GOM (Grand Opening Mentoring) serta upgrading.
- Syiar
Program kerja meliputi Kaifaj (Kajian Islam Farmasi Unej), KBB (Kajian Bulan Berkah) dan konten Instagram.
- Eksternal
Meliputi jaulah, delegasi lomba, mengelola Instagram, syifer berprestasi, ucapan milad dan pembina mtq.
- Kemuslimahan dan kewirausahaan
Meliputi kajian Muslimah, Asy-Syifa Store dan pengadaan baju PDH.
- Ta’mir
Meliputi perpustakaan gdrive, membersihkan musholla, dan infaq jumat.
Pemaparan materi pertama mengenai program kerja UKMKI IONS dilakukan oleh M.Assegaf. IONS (Islamic Organization of Mathematics and Natural Science), merupakan UKMKI (Unit Kegiatan Mahasiswa Kerohanian Islam) yang ada di Fakultas MIPA Universitas Jember. IONS ini berdiri pada tanggal 20 Oktober 1997. Terdiri dari ketua umum,sekretaris umum dan bendahara umum serta beberapa departemen dengan program kerja diantaranya :
- Kaderisasi
Meliputi FOSTUM (Forum Studi Islam) : Open Recruitment anggota IONS, pengenalan IONS, Mentoring : Terkait tentang pengembangan diri Anggota dalam hal kepribadian seorang muslim, Database Anggota : Pendataan Anggota IONS dan juga pengadaan E-Card anggota, Mapping/pemetaan kader : untuk menentukan penempatan staff magang IONS.
- Syiar
Program kerja meliputi KISAH (Kajian Seputar Alqur’an Dan Hadist) dan Kampus Ramadhan (Kajian ba’da ashar selama 10 hari pertama bulan Ramadhan, pembagian takjil untuk buka puasa, two day one juz dan broadcast islami selama 1 bulan, santunan anak yatim).
- Kemuslimahan
Meliputi IONS Cleaning Zone, Bersih-bersih masjid dan kamar mandi, Cuci mukenah dan sarung, Merapikan Mukenah dan sarung, Kajian Khusus Muslimah (KASUS), Program Kreatif Muslimah.
- Departemen Jaringan dan Media
Program kerja meliputi Media Sosial IONS (IG, FB, Youtube, Website), Mading, Jaulah UKMKI, Koordinasi JRMN serta Album Kenangan.
- Pengembangan Organisasi
Meliputi IONS Database (Pendataan pengurus dan demisioner), Sharing Demisioner, Forum Diskusi (Diskusi pengurus dengan tema yang sudah ditentukan) dan IONS Awards (Pemberian penghargaan kepada departemen terbaik).
- Departemen Al-Quran
Melakukan pembinaan alquran, kelas Tahsin dan khatmil quran.
Dengan demikian, diselenggarakan acara Jaulah 2021 ini dilakukan sharing-sharing mengani program kerja masing masing UKKI supaya dapat meningkatkan komunikasi dan memaksimalkan hasil kerja.