DIKLAT “IKHRARKAN NIAT, SATUKAN TEKAD, GENGGAM ERAT UKHWAH bersama UKKI AS-SYIFA” UKKI AS-SYIFA

Peserta diklat (Anggota UKKI As-Syifa’ baru)

PEMBUKAAN ACARA DIKLAT

Pada tanggal 10-11 Maret 2018 UKKI Asy-syifa’ mengadakan diklat anggota baru bertempat di Pondok Pesantren Ulul Albab desa Sukorambi Jember yang bertemakan ”IKHRARKAN NIAT, SATUKAN TEKAD, GENGGAM ERAT UKHWAH bersama UKKI Asy-syifa”. Tujuan diselenggarakannya acara tersebut ialah untuk menambah anggota baru UKM As-Syifa. Acara tersebut memiliki serangkaian acara menarik untuk peserta diklat yang diharapkan dapat bermanfaat bagi mereka. Awal dari acara tersebut adalah pembukaan yang dihadiri ketua BEM Fakultas Farmasi dan sekaligus membuka acara tersebut. Total peserta diklat ialah 46 orang.

PENGENALAN UKKI ASY-SYIFA’

UKKI Asy-Syifa’ merupakan Unit Kegiatan Kerohanian Islam mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Jember. Dimana harapannya selain menjalankan tugas kewajiban akademisnya, mahasiswa farmasi dapat menyeimbangkan antara ilmu pengetahuan dan ilmu agama mereka melalui kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh UKKI Asy-Syifa’. UKKI Asy-Syifa’ berdiri di Fakultas Farmasi pada tanggal 7 Mei 2004. Adapun jargon dari Asy-Syifa’ yakni memberi kontribusi terbaik dalam Islam melalui bidang kefarmasian. Di dalam kepengurusan Asy-Syifa’ 2018 terdapat 7 divisi. Adapun diantaraya divisi kaderisasi, kesekretariatan, bendahara, takmir, kemuslimahan, syiar dan eksternal.

PEMATERI 1

Penyampaian materi pertama disampaikan oleh Ustadz Amirul Mukminin dengan judul Urgensi Kehidupan Akhirat. Dengan adanya pembahasan mengenai Urgensi Kehidupan Akhirat diharapkan peserta Diklat As-Syifa bisa :beriman kepada hari akhir, mengetahui gambaran kehidupan di akhirat, dan mengetahui manfaat atau hasil jika kita beriman kepada hari akhir. Materi tersebut penting untuk diberikan karena mengingat banyak sekali generasi pemuda saat ini yang lebih mementingkan kehidupan duniawinya, dan lupa untuk memfikirkan kehidupan di akhirat kelak. Setelah pembahasan materi selesai, peserta diklat As-Syifa memberikan pertanyaan dan tanggapan mengenai materi tersebut. Kemudian Pemateri memberikan jawaban mengenai pertanyaan yang diberikan oleh peserta diklat UKKI As-Syifa. Setelah selesai pembahasan pertanyaan tersebut, maka panitian yang bertugas mempersilahkan Ketua Umum UKKI As-Syifa untuk memberikan sertifikat secara simbolis kepada Ustadz Amirul Mukminin.

SENAM PAGI dan PEMATERI 2

Setelah menunaikan ibadah sholat subuh, peserta beristirahat sejenak. Pukul 6.00 melakukan senam pagi sekitar 30 menit, kemudian peserta kembali ke tempat istirahat masing-masing untuk bersih-bersih dan mandi. Setelah itu, peserta diarahkan untuk berkumpul di aula dengan membawa barang bawaannya sekaligus sarapan bersama panitia. Peserta diklat duduk berhadapan, kemudian panitia membagikan makanannya. Setelah selesai makan, peserta diarahkan untuk menyetorkan hafalan surat Al-Fatihah beserta artinya kepada panitia yang bertugas. Sekitar pukul 9 penyampaian materi oleh Kak Bannan Mufida, S.Farm.,Apt. dengan judul ‘Pentingnya Ilmu’. Setelah penyampaian materi selesai, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab sekitar 15 menit dan pemberian sertifikat kepada pemateri. Tibalah di penghujung acara, panitia mengumumkan sekaligus memberi penghargaan kepada kelompok terbaik dan siapa  saja peserta yang berhak diapresiasi atas kemampuan melafalkan surat Al-Fatihah dengan baik dan benar. Kemudian dilanjutkan dengan penutupan acara oleh Ahmad Daris Sauqi selaku ketua umum UKKI As-Syifa dan dengan ditutupnya acara diklat ini sebagai tanda bahwa acara diklat UKKI As-Syifa telah selesai dilaksakan. Dilanjutkan dengan sesi foto panitia dan peserta untuk dokumentasi acara, kemudian peserta diperbolehkan untuk meninggalkan lokasi diklat. Setelah peserta meninggalkan lokasi, panitia membersihkan aula dan musholla terlebih dahulu dan berpamitan kepada pengurus pesantren Ulul Albab sekaligus mengucapkan terima kasih atasfasilitas yang telah diberikan untuk kelancaran acara diklat ini. Kemudian panitia juga meninggalkan lokasi diklat.

 

DOKUMENTASI

Acara Pembukaan ( RK 3 Fakultas Farmasi Universitas Jember)

Kegiatan Senam Pagi Oleh Peserta Diklat

Materi kedua yang disampaikan oleh alumni UKKI As Syifa sekaligus putri dari pengasuh Pondok Pesantren Ulul Albab

 

 

Pengenalan UKKI As-Syifa oleh Ketua Umum dan 7 Ketua Divisi

Pemberian sertifikat secara simbolis kepada pemateri oleh ketua UKKI As-Syifa

Peserta diklat (Anggota UKKI As-Syifa’ baru)